Tips Dalam Mengkonsumsi Permen Karet


Foto hanya ilustrasi child-1359236_1920 pixabay.com

Permen karet merupakan salah satu produk permen yang populer baik bagi orang dewasa maupun anak – anak. Namun, pernah kah kamu menelan permen karet secara sengaja maupun tanpa disengaja ? Nah, bagi kamu yang pernah dan sampai saat ini masih melakukannya maka sebaiknya segera dihentikan.

Menelan permen karet bisa menjadi salah satu hal yang berbahaya sekali bagi tubuh kita apalagi untuk anak – anak. Dilansir dari Boldsky, di dalam permen karet terdapat kandungan pewarna, pemanis, lemak, lilin, resin, elastomer dan juga pengemulsi. Selain itu, kandungan permen karet ini mengandung zat aditif lainnya. Jadi ketika tertelan, maka hati di dalam tubuh kita langsung bekerja untuk menghilangkan berbagai zat berbahaya tersebut yang terkandung di dalamnya.

Setelah mencapai permen karet mencapai perut, maka asam di perut kita yaitu hydro chloric acid akan memisahkan bahan tertentu yang digunakan di dalam permen karet. Pada dasarnya, beberapa kandungan seperti gula, pelembut dan juga zat penyedap seperti minyak pappermint akan dipisahkan.

Setelah permen karet berada di dalam usus kita, maka permen karet akan keluar dari sistem pencernaan kamu. Akan tetapi, permen karet tersebut tidak benar – benar hilang dari dalam tubuh. Dibutuhkan waktu sekitar 25-26 jam untuk menghilangkan permen karet dari dalam tubuh kita jika tertelan.

Lalu bagaimana kelanjutannya jika permen karet yang belum keluar dari dalam tubuh kita ? Jawabannya ialah, tubuh kamu akan bereaksi. Beberapa reaksi yang ditimbulkan seperti mengalami kenaikan suhu tubuh di atas normal, hingga meningkatkan tekanan darah.

Selain efek tersebut, tubuh pun akan mengalami diare, mual dan juga muntah – muntah. Hal tersebut terjadi karena tubuh sedang mencoba untuk menyingkirkan permen karet yang masih berada di dalam. Beberapa kasus mungkin seseorang akan mengalami sensasi gatal dan juga ruam karena bahan dalam permen karet tersebut dapat menyebabkan terjadinya reaksi alergi tertentu.

Setelah kamu mengetahui hal tersebut, alangkah baiknya untuk memperhatikan anak – anak jika tengah mengkonsumsi permen karet ini. Menurut yang dilansir dari Boldsky, biasanya permen karet hanya dianjurkan pada anak yang sudah berusia 5 tahun ke atas. Beberapa kasus pada anak – anak, bahkan anak kecil biasanya senang menelan permen karet karena tekstrunya yang lembut. Disinlah peranan orang tua dituntut agar anaknya yang gemar mengkonsumsi permen yang satu ini tidak sampai menelanya karena berbahaya

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *