Ketahui Empat Penyebab Utama Bau Mulut


Bau mulut atau di dalam dunia kesehatan disebut sebagai halitosis ini merupakan salah satu permasalahan yang serius. Selain meninggalkan rasa yang tidak enak pada mulut, setiap orang yang mengalami bau mulut pun akan merasa kurang percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain.

Bagi yang selalu merasa kurang nyaman dengan bau mulut, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena ada berbagai penyebab yang sering ditemui ketika seseorang mengalami bau mulut. Berikut 4 penyebab utama bau mulut agar anda mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya menurut informasi yang dilansir dari Boldsky.

1 . Kebersihan Oral yang Buruk

Jika kamu tidak menyikat gigi secara teratur, jarang menggunakan pembersih untuk lidah dan juga sering lupa untuk membilah mulut kamu setelah maka, maka bau mulut mungkin karena partikel makanan yang membusuk yang masih tertinggal di dalam mulut. Kebersihan oral sendiri bisa dimaksimalkan dengan mengunjungi dokter gigi minimal satu tahun satu kali atau 6 bulan satu kali. Maka dari itu, jagalah kesehatan oral dengan rajin menggosok gigi dan memeriksakan pada dokter gigi.

2 . Makanan

Beberapa jenis makanan sangat bertanggung jawab menjadi penyebab bau mulut. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya seperti bawang putih dan bawang merah. Kedua makanan tersebut cenderung meninggalkan bau busuk di dalam mulut kita. Beberapa diantara lainnya yang mungkin kurang kita kenal ialah kopi, jus jeruk dan juga daging.

3 . Tembakau dan Produknya

Rokok maupun tembakau dan juga segala bentuknya sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Tidak hanya mengganggu kesehatan, merokok pun dapat menyebabkan seseorang yang menghisapnya akan mengalami bau mulut. Rokok akan menyebabkan gangguan keseimbangan di dalam mulut sehingga menyebabkan mulut menjadi bau. Lebih dalam lagi rokok bahkan mampu meningkatkan potensi kanker mulut.

4 . Infeksi di Mulut

Infeksi di mulut merupakan salah satu hal yang juga kerap terjadi pada beberapa orang. Hal ini dapat sesederhana stop kontak gigi yang sudah kosong dan juga serumit periodontitis. Infeksi di mulut selalu menimbulkan bau yang tidak sedap. Bagi setiap orang yang tengah mengalami bisul mulut, penyakit gusi atau baru saja mengalami operasi mulut, sangat disarankan sekali agar kamu tetap membilas mulut setelah makan dengan airs asing agar tidak memburuk.

Itulah keempat poin yang bisa kamu jadikan sebagai referensi kesehatan untuk menjaga kesehatan mulut dan juga bau mulut.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *