Empat Langkah Memaksimalkan Kelezatan Kopi Tubruk


Kopi adalah minuman yang digemari hampir oleh seluruh lapisan masyarakat di negara kita. Saat ini bahkan jenis kopi lokal semakin diminati baik oleh masyarakat di negara kita maupun di luar negeri. Para penikmat kopi tentunya sudah tahu bagaimana menikmati secangkir kopi menjadi semakin lebih sempurna dan tidak sekedar hanya menuang bubuk kopi ke dalam gelas, mencampur sedikit gula dan mengucurkan air yang mendidih lalu kopi tubruk pun siap diminum.

Para penikmat kopi sejati, ternyata memiliki langkah – langkah yang tidak biasa namun mampu menyempurnakan kelezatan dari kopi itu sendiri. Tertarik untuk mencoba menyeduh kopi ala penikmat kopi sejati ? simak berikut langkah – langkahnya yang dipaparkan langsung oleh Trainer dari Barista Indonesia Coffee Academy, Mimi Alawiyah.

1 . Memperhatikan Rasio Kopi dan Air

Kamu perlu memperhatikan rasio kopi dan air yang akan digunakan untuk menyeduh. Hal ini agar dapat menyeimbangkan rasa dari kopi. Jika air yang digunakan terlalu banyak, tentunya hal ini akan menyebabkan kopi yang diseduh kurang terasa lezat. Namun jika kamu menggunakan bubuk kopi dan air yang pas maka akan mendapatkan minuman kopi tubruk yang sempurna. Rasio yang paling tepat dalam menyeduh kopi ialah 8.25 gram kopi dan air yang digunakan sebanyak 100 ml saja.

2 . Suhu Air yang Tepat

Standar bagus untuk menyeduh kopi tubruk ialah dengan air panas dengan tingkat kepanasan 92-96 derajat celcius. Menuru Eris Sudansi, jangan menggunakan air yang terlalu mendidih karena akan menghancurkan kandungan lemak yang ada di dalam kopi tersebut . Ukuran panas yang dipaparkan di atas akan menjadi salah satu ukuran panas air yang tepat untuk kopi.

3 . Disarankan Memiliki Grinder

Grinder adalah alat giling manual untuk membuat biji kopi menjadi bubuk. Bagi penikmat kopi, disarankan untuk menggunakan dan memiliki alat tersebut. Mimi memaparkan, setiap akan membuat kopi dengan menggilingnya menggunakan sebuah grinder, maka kamu bisa menikmati sajian kopi yang masih fresh dan aroma serta kelezatan kopi akan menjadi semakin lebih nikmat dibandingkan dengan kopi yang sudah digiling lama.

4 . Tips Memilih Kopi Bubuk

Jika kamu tidak memiliki grinder dan tidak mau dalam menyeduh kopi, jenis kopi bubuk tentunya menjadi alternatif yang tepat. Agar mendapatkan kelezatan yang sempurnya, perhatikanlah seberapa halus bubuk kopi yang kamu beli dan seberapa kasar kopi tersebut. Beberapa kalangan memaparkan, semakin halus hasil penggilingan maka akan semakin kuat rasa kopi tersebut.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *